Launching Bank Sampah di Gunong Tanggoh, Dr. Nurdin : Hari ini Kita Memulai Era Baru Pengelolaan Sampah

Aceh Jaya | Jumat, 17 Maret 2023 | berita 

Calang - Penjabat Bupati Aceh Jaya, Dr. Nurdin, S.Sos., M.Si, meluncurkan Bank Sampah Gunong Tanggoh di Desa Keutapang, Calang pada Jum'at (17/03/2023).

Kegiatan tersebut didampingi oleh Sekretaris Daerah T. Reza Fahlevi, MM, Para Asisten Setdakab Aceh Jaya, Kepala DLHK Aceh Jaya, Kepala Dinas Kesehatan, serta Kepala Bank Aceh Syariah Cabang Calang TM. Andika. Bank Sampah ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah yang baik dan ramah lingkungan.

Dalam acara peluncuran tersebut, Pj. Bupati Aceh Jaya menyampaikan bahwa Bank Sampah ini adalah upaya untuk mengurangi jumlah sampah yang dibuang di tempat pembuangan akhir. Dengan adanya Bank Sampah, masyarakat di Aceh Jaya dapat mengumpulkan sampah rumah tangga dan menjualnya ke Bank Sampah sebagai bahan baku yang dapat didaur ulang.

“Hari ini kita memulai era baru pengelolaan sampah, kita perlu melakukan pengelolaan ini secara komprehensif, memadukan berbagai potensi yang ada agar melihat sampah menjadi sumber bisnis. Bahkan sebenarnya Negara memberikan perhatian yang luar biasa, ada undang–undang tentang sampah yaitu Undang–Undang No. 18 Tahun 2008 tentang pengelolaan sampah.” jelas Dr. Nurdin.

Dr. Nurdin juga menambahkan bahwa di daerah yang lebih maju pengelolaan sampah sudah dimulai dari rumah tangga. Untuk menindaklanjuti pengelolaan Bank Sampah tersebut perlu adanya dorongan, sosialisasi dan membangun kesadaran kepada masyarakat dengan cara memilah sampah terlebih dahulu sejak dari rumah (sampah organik dan non-organik). 

“Sebagai contoh di Banyumas, sampah yang sampai ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) hanya sekitar 2% saja, sisanya sudah diolah menjadi duit. Yang namanya pengelolaan sampah sudah menjadi urusan wajib yang harus kita lakukan dan kita kelola menjadi sebuah bisnis. Karena ini bisnis yang baru dan belum terbiasa maka Pemda harus muncul, kalau perlu direkonstruksikan pembiayaan pengelolaan sampah ini seperti apa.” ucap Pj. Bupati Aceh Jaya tersebut.

Dirinya melanjutkan bahwa Bank Sampah ini dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat, karena mereka dapat memperoleh penghasilan tambahan dari penjualan sampah. Selain itu, Bank Sampah juga akan membantu mengurangi dampak negatif dari pembuangan sampah yang tidak teratur, seperti pencemaran lingkungan dan penyebaran penyakit.

Dr. Nurdin berharap bahwa peluncuran Bank Sampah di Keutapang ini akan menjadi contoh bagi kecamatan-kecamatan lainnya untuk mengadopsi sistem pengelolaan sampah yang berkelanjutan dan berdaya guna. Dengan demikian, Aceh Jaya dapat menjadi daerah yang bersih, sehat, dan lestari bagi masyarakatnya.