Pemkab Aceh Jaya Gelar Business Matching dengan Investor dari Korea Selatan

Aceh Jaya | Senin, 20 Februari 2023 | berita 

Calang - Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya gelar Aceh Jaya Business Matching bersama Mr. Lee Kwang Eui yang merupakan Director of The Zone. Co.,Ltd. dari Korea Selatan, di Aula lantai III Sekdakab Kabupaten Aceh Jaya, Senin 20/02/2023.

Dalam kesempatan tersebut Pj. Bupati Aceh Jaya Dr. Nurdin mengatakan, upaya untuk mendorong berjalannya laju perekonomian hal yang sering dihadapi di Aceh khususnya Aceh Jaya adalah faktor belum terbangunnya kelembagaan ekonomi dengan baik.

Lanjutnya hal ini sejalan dengan kebijakan nasional untuk mendorong bergeliatnya perekonomian di gampong. Maka Kabupaten Aceh Jaya sudah membangun Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Bersama yang di dalamnya terhimpun 172 gampong.

Di bawah BUMG Bersama tersebut terdapat 11 anak perusahaan yang akan dipersiapkan untuk berbisnis pada sektor-sektor yang sesuai dengan komoditi unggulan yang ada di Aceh Jaya. 

“Nanti ketika ada investor yang ingin melakukan investasi di Aceh Jaya tinggal check in dengan anak-anak usaha BUMG Bersama tersebut. Sehingga bisnis langsung cepat dan proses investasi di Aceh Jaya tidak berjalan lama. Terkait tata kelolanya dapat dibicarakan di dalam proses check in nantinya. Ini adalah kemudahanya.” Ungkapnya.

Di sisi lain tambahnya, selama ini ada persoalan terkait jejaring kerja, sehingga produk yang dihasilkan tidak langsung bisa dipasarkan ke pasar yang lebih luas. Hal ini terkendala di manajemen dan teknologi yang masih kurang.

“Maka perlu adanya kerjasama dengan perusahaan-perusahaan untuk berbisnis di Kabupaten Aceh Jaya agar dapat dilakukan transfer teknologi dan juga untuk menerobos market-market yang lebih besar.” Tambahnya.

Untuk itu mitra kerja nantinya diharapkan dapat fokus pada pemasaran, teknologi, manajemen serta pemodalan dan sebagainya. Sedangkan produksi akan dilakukan oleh masyarakat, kelompok-kelompok usaha dan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG). Sambungnya.

“Jadi seperti itu pola bisnis yang kami siapkan di Aceh Jaya. Dan persilakan teman-teman dari Korea (The Zone. Co.,Ltd untuk merumuskan bisnis mana yang kiranya cocok untuk dilakukan dan kami siapkan partnernya supaya bisnis bisa jalan dengan cepat.” Pungkasnya.