Pj. Bupati Aceh Jaya Gelar Virtual Meeting bersama Direktur DJPPR Kemenkeu

Aceh Jaya | Jumat, 3 Maret 2023 | berita 

Pj. Bupati Aceh Jaya, Dr. Nurdin, S.Sos., M.Si, mengadakan rapat virtual dengan Direktur Pengelolaan Dukungan Pemerintah dan Pembiayaan Infrastruktur, Ir. Brahmantio Isdijoso, M.S pada Kamis (02/03/2023).

Rapat yang dilaksanakan secara daring tersebut membahas pembiayaan pemerintah terkait pembangunan di Kabupaten Aceh Jaya. Dalam rapat tersebut, Pj. Bupati Aceh Jaya menyebutkan pembangunan infrastruktur sangat diperlukan di Aceh Jaya, termasuk pembangunan Pelabuhan dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Menurutnya dengan keterbatasan APBK yang dianggarkan, pembangunan di Aceh Jaya berjalan sangat lambat.

“Dengan kondisi fiskal kita yang APBK nya sekitar 820 milyar, total untuk pembangunan hanya sekitar 50 milyar. Jadi mau kita bolak–balik gimanapun kayaknya susah untuk memprioritaskan pembangunan disamping kita juga harus menurunkan angka kemiskinan ekstrem. Angka kemiskinan ekstrem di Aceh Jaya sendiri masih berada di sekitar 3080 Kepala Keluarga (KK).” Ucap Dr. Nurdin.

Dr. Nurdin menyebutkan Pemerintah Aceh Jaya tidak akan menyerah untuk menuntaskan angka kemiskinan ekstrem yang ada. Aceh Jaya sendiri menargetkan kemiskinan ekstrem berada di angka 0% pada tahun 2024. Oleh Karena itu Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya menyiasati permasalahan yang dihadapi dengan memfokuskan pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG).

Dari segi infrastruktur, Dr. Nurdin mengatakan bahwa Aceh Jaya membutuhkan pelabuhan yang mampu mendukung kegiatan ekspor sawit. Karena menurutnya para pengusaha sawit yang ada di Aceh Jaya harus mengirim hasil sawitnya ke Pelabuhan Belawan di Medan terlebih dahulu, sedangkan jarak yang ditempuh dari Aceh Jaya sangat jauh.

“Padahal untuk pengiriman sawit harusnya kan lebih dekat dari Aceh Jaya, kalau dari belawan kan itu mutar dulu dari pantai timur melewati Sabang. Bisa dikatakan ini merupakan salah satu inefisiensi ekonomi yang luar biasa.” Ujar Pj. Bupati Aceh Jaya.

Sementara itu, Direktur Ir. Brahmantio Isdijoso, M.S menyatakan komitmen Pengelolaan Dukungan Pemerintah dan Pembiayaan Infrastruktur dalam membantu pemerintah daerah dalam pembangunan infrastruktur. Dia menegaskan bahwa pihaknya akan terus bekerjasama dengan Pemerintah Aceh Jaya untuk memastikan pembangunan infrastruktur dapat direalisasikan. Dirinya juga mengapreasiasi Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya dalam program–program yang membantu perekonomian masyarakat.

Lebih lanjut, Ir. Brahmantio Isdijoso, M.S, mengatakan dalam waktu dekat akan melakukan pertemuan langsung dengan pihak Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya untuk menindaklanjuti pembahasan perencanaan pembangunan di Kabupaten Aceh Jaya.