Upaya Peningkatan SDM dan Ekonomi Masyarakat, Pemkab Aceh Jaya Ikat Kerjasama dengan Yayasan JISSHO

Aceh Jaya | Sabtu, 11 Maret 2023 | berita 

Calang - Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya dan Yayasan JISSHO perjanjian kerjasama (MOU) untuk meningkatkan sumber daya manusia dan ekonomi Masyarakat Aceh Jaya. Penandatanganan MOU dilakukan pada Jumat, 10 Maret 2023, di Rumoh Rakyat Aceh Jaya (Pendopo Bupati).

Penandatanganan MoU kerjasama sekaligus temu ramah dengan Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang tersebut dihadiri oleh , Ketua DPRK Aceh Jaya Muslem D, Sekretaris Daerah Aceh Jaya T. Reza Fahlevi, MM, Waka Polres Aceh Jaya,  Kepala SKPK, dan unsur terkait lainnya.

Melalui MOU ini, Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya dan Yayasan JISSHO akan bekerjasama dalam beberapa program pembangunan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan pemberdayaan masyarakat setempat.

Dalam perjanjian tersebut, Yayasan Jissho akan memberikan dukungan teknis dan dukungan lainnya terkait pengiriman tenaga kerja ke Jepang. Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya akan menyediakan dukungan dalam hal penyediaan infrastruktur dan pengaturan regulasi yang memfasilitasi kegiatan ekonomi.

Pj. Bupati Aceh Jaya Dr. Nurdin, S.Sos, M.Si  menyambut baik kerjasama ini dan menyatakan bahwa hal ini akan memberikan dampak positif bagi masyarakat dalam jangka panjang. Ia berharap kerjasama ini dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam membangun sumber daya manusia dan ekonomi yang berkelanjutan.

Pada kesempatan itu, Konsulat Jenderal Jepang Takonai Susumu turut hadir dalam kegiatan temu ramah dan penandatangan MoU yang dilaksanakan di Rumoh Rakyat Aceh Jaya tersebut. Takonai Susumu menyatakan bahwa yayasan tersebut telah lama berkecimpung dalam program-program pengembangan masyarakat di Indonesia, dan berharap kerjasama ini dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Aceh Jaya.

“Sekali lagi terima kasih atas kunjungan Bapak Konjen dan dukungannya untuk kami, semoga kerjasama yg terbina selama ini terus berjalan dengan baik dan menghasilkan hal - hal positif baik bagi Pemerintah  dan Masyarakat Aceh Jaya maupun untuk Pemerintah Jepang, tentu kerjasama yang saling menguntungkan ini harus terus kita dorong.” Tutup Dr. Nurdin.

Selanjutnya Pj. Bupati Aceh Jaya dan Konjen Jepang beserta rombongan menyempatkan berkungkung ke kawasan ekowisata hutan mangrove yang terletak di Gampong Baro, Kecamatan Setia Bakti, dan beberapa tempat Destinasi Wisata di Kabupaten Aceh Jaya