BMKG Keluarkan Peringatan Hujan Lebat dan Angin Kencang, warga Aceh Jaya diminta Waspada

Aceh Jaya | Minggu, 26 November 2023 | berita 

Aceh Jaya – Badan Meteorologi Klimatologi dan Giofisika (BMKG) Aceh mengeluarkan surat edaran terkait akan terjadinya Hujan lebat dan Angin Kencang di wilayah Aceh khususnya di Barat-Selatan Aceh.

Dalam surat edaran tersebut disampaikan kalau sehubungan dengan terpantaunya sirkulasi siklonik di Samudera Hindia Barat Aceh yang menyebabkan terbentuknya belokan angin (shearline) dan konvergensi di wilayah Perairan Barat Aceh, pihaknya menyampaikan Informasi Siaga Bencana Hidrometeorologi berupa potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang, yang dapat menyebabkan bencana banjir dan tanah longsor.

Dalam surat tersebut di sampaikan kalau potensi tersebut diprediksi akan terjadi diseluruh Aceh dibagi dalam dua periode yaitu mulai tanggal 26 – 30 November 2023 dan 01 – 04 Desember 2023 mendatang.

Kepala Pelaksana BPBK Aceh Jaya, Fajri menghimbau kepada seluruh warga Aceh Jaya untuk dapat mewaspadai baik angin kencang dan hujan lebat yang akan melanda Aceh Jaya beberapa hari kedepan.

“Sesuai dengan himbauan BMKG tersebut perlu kita waspadai apalagi kita baru saja dilanda banjir, jika hujan kembali melanda diprediksikan banjir akan kembali landa Aceh Jaya,” kata Kalak BPBK Aceh Jaya, Minggu (26/11/2023).

Fajri menjelaskan kalau selain hujan lebat angin kencang juga harus diwapadai apalagi jika ada Rumah yang berdekatan dengan pohon yang rawan tumbang.

“Hujan juga akan menjadikan kultur tanah akan mudah longsor sehingga ini perlu di waspadai longsor apalagi wilayah kita juga dekat dengan pergunungan termasuk lintasan jalan nasional yang harus melewati pergunungan yang rawan longsor,” katanya.

Sumber : https://acehworldnews.com/bmkg-keluarkan-peringatan-hujan-lebat-dan-angin-kencang-warga-aceh-jaya-diminta-waspada/