Buka Kegiatan Advokasi Pembentukan Pokjanal Posyandu, Ini Harapan Sekda Aceh Jaya

Aceh Jaya | Kamis, 13 April 2023 | berita 

Calang - Sekretaris Daerah Aceh Jaya T. Reza Fahlevi, MM, membuka kegiatan Advokasi Pembentukan Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Posyandu Kabupaten Aceh Jaya  di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Jaya pada Kamis (13/04/2023).

Turut hadir pada kegiatan tersebut Pj Ketua TP PKK Aceh Jaya, Kadis Kesehatan Aceh Jaya, Kadis DPMPKB Aceh Jaya, Kadis Kominsa Aceh Jaya, Perwakilan dari DPMG Aceh dan Dinas Kesehatan Aceh, Perwakilan SKPK terkait, Unsur Kecamatan dan Kepala Puskesmas, kegiatan ini  bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan anak dan ibu. Kegiatan tersebut diikuti oleh sejumlah relawan kesehatan, dokter, dan petugas kesehatan setempat.

Dalam sambutannya, T. Reza Fahlevi mengatakan bahwa kegiatan advokasi Pembentukan Posyandu merupakan bagian dari upaya Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Aceh Jaya, khususnya ibu dan anak. Dia juga menyampaikan pentingnya peran masyarakat dalam mendukung program kesehatan tersebut.

Kegiatan advokasi pembentukan Posyandu tahun 2023 akan melibatkan sejumlah kegiatan seperti penyuluhan kesehatan, pelatihan kader Posyandu, dan pendistribusian vitamin maupun suplemen kesehatan untuk Ibu hamil dan Balita. T. Reza Fahlevi berharap bahwa kegiatan ini akan berkontribusi positif bagi kesehatan masyarakat di Aceh Jaya.

“Secara umum Advokasi Pokjanal Posyandu ini bertujuan meningkatkan kemampuan bagi kader Posyandu dalam melaksanakan tugas penggerakan dan pemberdayaan masyarakat, serta mampu mengimplementasikan peran dan fungsi sebagai kader Posyandu,” Jelas T. Reza Fahlevi, MM.

Pada tahun  2023 ini, berdasarkan laporan DPMPKB Kabupaten Aceh Jaya sudah memiliki Posyandu Prima, Posyandu Prima merupakan wujud transformasi sistem kesehatan yang mengintegrasikan pelayanan kesehatan primer. “Posyandu Prima diharapkan memiliki standarisasi pelayanan yang mampu memberikan pelayanan kesehatan yang tak terbatas hanya pada pelayanan kesehatan ibu dan anak.” Ucap T. Reza Fahlevi.

“Sesuai dengan arahan Pimpinan (Pj Bupati Aceh Jaya) bahwa pelayanan dasar itu nomor satu dan hal tersebut sudah dibuktikan dengan komitmen beliau berupa setiap puskesmas yang ada di Aceh Jaya dipimpin oleh seorang dokter.” Lanjutnya.

Sekretaris Daerah Aceh Jaya tersebut berharap agar SKPK dan Lintas Sektor terkait dapat lebih meningkatkan fungsi dan kinerjanya dalam membangun komitmen bersama serta bersinergi melalui program dan kegiatannya masing-masing dalam mendukung tugas dan fungsi Tim Pokjanal, sehingga dapat memberikan kontribusi untuk mendongkrak penilaian indikator strategis posyandu, mulai dari pembinaan kader, keterpaduan pelayanan infrastruktur penunjang dan lain sebagainya