Dukung Pengembangan Sektor Perikanan di Aceh Jaya, Dr. Nurdin Ikut Panen Udang Vaname di Kolam Bioflok Rigaih

Aceh Jaya | Senin, 15 Mei 2023 | berita 

Aceh Jaya - Pj. Bupati Aceh Jaya, Dr. Nurdin, S.Sos., M.Si, ikuti kegiatan panen udang vaname di kolam bioflok yang merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Aceh, Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya dan Kelompok Masyarakat setempat di Rigaih Kecamatan Setia Bakti pada Senin (15/05/2023). Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya dalam pengembangan budidaya perikanan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat daerah.

Kolam bioflok yang terletak di Rigaih Kecamatan Setia Bakti ini merupakan salah satu program unggulan Pemerintah Aceh Jaya dalam meningkatkan sektor perikanan. Melalui kerjasama dengan kelompok masyarakat, bupati berharap dapat memberikan manfaat ekonomi yang signifikan bagi warga sekaligus meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Dr. Nurdin mengapresiasi kerja keras dan kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan kegiatan budidaya perikanan yang berkelanjutan. Ia juga menyampaikan pentingnya mengembangkan potensi perikanan di Aceh Jaya sebagai salah satu sumber pendapatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Hari ini kita melakukan panen udang vaname di kolam bioflok kerjasama antara pemerintah Aceh Jaya dan Kelompok masyarakat disini. Penen udang ini merupakan penjaringan yang ke empat dan sudah menghasilkan sekitar 1 ton," ujar Dr. Nurdin.

Selain itu, Pj. Bupati juga menjelaskan bahwa penggunaan sistem bioflok dalam kolam budidaya perikanan memiliki beberapa keunggulan, seperti penggunaan air yang lebih efisien, peningkatan pertumbuhan udang, dan pengurangan risiko penyakit pada udang. Selain itu untuk limbah sendiri akan dinetralkan terlebih dahulu sebelum dibuang ke perairan.

Dr. Nurdin juga menjelaskan keunggulan penggunaan kolam bioflok daripada kolam biasa. “Perbedaan yang utama ada pada mekanisme oksigennya, kemudian pakan dan plankton jadi bioflok ini lebih mudah sehingga cost atau biaya pemeliharaan jadi lebih murah dibandingkan dengan kolam biasa. Kemudahan dalam pengelolaan dengan sistem bioflok ini pelaku budidaya bisa mengontrol kandungan air, pakan yang ada dan juga tingkat pertumbuhan. ” Jelas Dr. Nurdin.

Pj. Bupati Dr. Nurdin juga mengungkapkan komitmennya untuk terus mendukung dan mengembangkan sektor perikanan di Aceh Jaya. Dengan dilakukannya panen udang vaname ini, diharapkan dapat memberikan motivasi dan inspirasi bagi masyarakat Aceh Jaya dalam mengembangkan usaha budidaya perikanan serta mengembangkan usaha perikanan dengan teknologi yang ramah lingkungan serta meningkatkan kesejahteraan melalui usaha yang berkelanjutan.