Gandeng Duta Baca, Pj Bupati Aceh Jaya Berharap Jadi Role Model bagi Milenial

Aceh Jaya | Rabu, 23 November 2022 | berita 

Diskominsa  – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Jaya Dr. Nurdin membuka acara talk show gemar membaca dan mengukuhkan Bunda Literasi serta Duta Baca pelajar Aceh Jaya di kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten setempat. Selasa (22/11/2022)

Turut dihadir Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh serta Unsur FORKOPIMDA, Ketua TP-PKK Kabupaten Aceh Jaya, Kepala SKPK, Tenaga Pendidik dan kalangan pelajar.

Pj Bupati Dr. Nurdin mengapresiasi Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Aceh yang telah bersedia menggelar kegiatan talkshow gemar membaca di Kabupaten Aceh Jaya. Ia berharap momentum tersebut dapat menjadi penyemangat bagi seluruh elemen untuk terus meningkatkan kesadaran akan pentingnya membaca.

“Ketika kita membicarakan tentang membaca maka kita bicara bagaimana meningkatkan literasi yang merupakan bagian dari membangun sebuah peradaban," kata Pj Bupati.

Ia menambahkan, membangun literasi bukan hanya tugas dari pemerintah semata, tetapi juga bagian dari seluruh elemen masyarakat. oleh karena itu, semuanya harus memompa semangat hari ini lebih baik dari kemarin agar kita menjadi manusia yang berbudaya dan beruntung.

Menurutnya, apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Aceh melalui Dinas Perspustakaan dan Kearsipan adalah langkah – langkah dan terobosan maju untuk menyemangati budaya membaca da menulis, karena kemampuan  membaca dan menulis akan menentukan dimana kita berada.

 

" Persoalannya yang muncul selama ini bukan hanya karena anggaran tetapi bagaimana kita bisa mengimplementasikan pada tatanan individu, keluarga, kelompok dan masyarakat secara umum," ujarnya.

Ditambahkan Pj Bupati, Sejak tahun 1972,  UNESCO telah memberikan prioritas terhadap pembinaan minat baca melalui program Books for All ( buku untuk semua orang) yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan kegemaran membaca di masyarakat dunia.

Sebenarnya dikalangan umat islam sejak wahyu pertama diturunkan kepada Rasullullah SAW sudah diperintahkan kepada Umatnya untuk membaca.

Pada kesempatan yang sama Dr. Nurdin juga mengukuhkan Ketua TP-PKK Kabupaten Aceh Jaya Zuraidiati Sebagai Bunda Literasi Aceh Jaya dan Hazizah, Siswi SMA 1 Setia Bakti sebagai Duta Baca Pelajar Kabupaten Aceh Jaya.