Kerjasama dengan Islamic Relief Indonesia, Pemkab Aceh Jaya Salurkan Rekening Tabungan Khusus Anak Yatim

Aceh Jaya | Kamis, 15 Juni 2023 | berita 

Calang - Pj. Bupati Aceh Jaya, Dr. Nurdin, S.Sos., M.Si., yang saat ini diwakili oleh Camat Indra Jaya, Ridwan, S.Ag, melakukan kegiatan amal yang sangat berarti dengan bekerjasama dengan Islamic Relief Indonesia. Kegiatan tersebut berupa penyaluran rekening tabungan khusus untuk anak yatim di wilayah Aceh Jaya. Acara ini diselenggarakan di Aula Kantor Camat Indra Jaya pada Kamis (15/06/2023).

Dalam upaya untuk meringankan kerentanan anak yatim pasca Tsunami 2004 di Aceh, Islamic Relief Indonesia melalui Orphan Sponsorship Program (OSP) terus berkomitmen dan berupaya meningkatkan jumlah anak yatim yang mendapatkan sponsor melalui dukungan donor dari berbagai negara. Hari ini, Islamic Relief Indonesia bersama dengan Camat Indra Jaya menyalurkan rekening tabungan kepada 91 anak yatim di Kabupaten Aceh Jaya.

Yusrizal Puteh, Koordinator Child Welfare and Protection Islamic Relief Indonesia, mengungkapkan bahwa program OSP sangat terbantu oleh komitmen yang telah terjalin dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya dan Bank Aceh Cabang Calang. Kerjasama ini memastikan program OSP dapat berjalan dengan maksimal dan amanah di masa depan.

Di Kabupaten Aceh Jaya, Program OSP Islamic Relief Indonesia ini terus bekerja menjangkau anak yatim dari keluarga rentan yang berada di kecamatan; Pasie Raya, Teunom, Panga, Krueng Sabe, Jaya dan Indra Jaya. Adapun kecamatan lain seperti Sampoiniet, Darul Hikmah dan Setia Bakti, masih dalam proses pendataan yang kini dilakukan bersama TKSK dari masing-masing kecamatan.

Tidak hanya di Kabupaten Aceh Jaya, program OSP Islamic Relief juga mencakup anak-anak yatim dari keluarga rentan di Kabupaten Aceh Besar, Kabupaten Aceh Barat, dan Kota Banda Aceh. Di luar provinsi Aceh, program ini juga membantu anak-anak yatim di Kabupaten Lombok Barat dan Kota Mataram di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kabupaten Sigi dan Kota Palu di Sulawesi Tengah, serta Kabupaten Cianjur di Provinsi Jawa Barat.

Adapun total anak yatim yang mendapatkan dukungan sponsor dari Program OSP saat ini mencapai 1,766 anak, yang tersebar; 1,013 di NTB, 117 di Sulawesi Tengah, 17 di Jawa Barat dan 619 di Aceh, dan akan terus ditingkatkan, seiring adanya dukungan dari donor.

Dukungan dari program OSP Islamic Relief ini, berupa dana yang disalurkan melalui mekanisme transfer bank, yakni melalui Bank Aceh Cabang Calang pertiga bulan, dana tersebut diterima oleh anak yatim dan keluarganya mencapai Rp 1.500.000,- dan pertahun sebesar Rp 6.000.000,- untuk memenuhi kebutuhan anak yatim dalam hal pendidikan, kesehatan dan juga kebutuhan dasar lainnya.

Guna menyukseskan program OSP ini, Islamic Relief Indonesia bekerjasama dengan Rumah Zakat Aceh dan TKSK  Dinas Sosial dalam penerapan dan pemantauan program, Bank Aceh Cabang Calang sebagai perbankan penyaluran dana sponsorship tersebut dan Pemerintah Aceh Jaya untuk koordinasi.

Kegiatan penyaluran rekening tabungan untuk anak yatim di Aceh Jaya ini merupakan salah satu bentuk nyata dari perhatian Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya, terhadap kesejahteraan anak-anak di daerahnya. Diharapkan bahwa kegiatan ini akan memberikan dampak positif dalam memperbaiki kualitas hidup anak-anak yatim dan memberikan mereka kesempatan yang lebih baik untuk masa depan yang cerah.