Liga 3 Aceh 2023 Resmi Digelar di Aceh Jaya, Persijaya Menang Telak di Laga Perdana

Aceh Jaya | Kamis, 9 November 2023 | berita 

Calang - Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya dipercayakan oleh Asprov PSSI Aceh untuk menjadi tuan rumah Grup B Liga 3 Aceh 2023 yang akan digelar di Stadion FIFA Padang Datar mulai 8-16 November 2023. Kompetisi di Grup B ini diikuti oleh 5 tim dari berbagai daerah di Aceh.

Adapun 5 tim yang bertanding dalam Grup B tersebut adalah Juang FC (Bireuen), PSLS (Lhokseumawe), Mutiara Raya (Pidie), PSKTS Kembang Tanjung (Pidie), dan Persijaya (Aceh Jaya).

Dalam kesempatan tersebut, T. Reza Fahlevi menyampaikan terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan oleh Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Aceh untuk menjadi tuan rumah Grup B Liga 3 Aceh 2023.

"Kami berharap ini bukan yang pertama dan terakhir kali kami diberi kepercayaan menjadi tuan rumah Liga 3 Aceh. Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyukseskan perhelatan ini," kata T. Reza Fahlevi.

Selain itu, T. Reza Fahlevi juga menyampaikan bahwa Pemkab Aceh Jaya akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Aceh (PORA) 2026. Hal ini juga menjadi motivasi bagi generasi muda Aceh Jaya untuk lebih berlatih sepak bola.

"Kami yakin dengan dukungan dari semua pihak, Aceh Jaya mampu menjadi tuan rumah PORA 2026. Ini juga menjadi sumber semangat bagi generasi muda untuk lebih berlatih sepak bola," ujarnya.

Ketua Asprov PSSI Aceh, M. Nazir Adam, mengatakan bahwa kompetisi Liga 3 ini merupakan kompetisi resmi yang terkontrol sepenuhnya dengan aturan FIFA. Ia meminta semua pihak untuk melaksanakan dan menghormati seluruh aturan yang ada dalam kompetisi agar kompetisi berjalan dengan lancar.

"Ini merupakan kali pertama kompetisi Liga 3 resmi digelar di Aceh Jaya. Oleh karena itu, kita harus menjaga kepercayaan dan amanah ini dengan baik agar tidak ada kejadian apapun dalam kompetisi," kata Nazir.

Nazir juga mengungkapkan bahwa ada target yang ingin dicapai dalam kompetisi Liga 3 ini. Ia berharap ada satu tim dari Aceh yang bisa promosi ke Liga 2 pada tahun 2024.

"Selain Persiraja, kita berharap ada satu tim lagi yang bisa berkompetisi di Liga 2. Mudah-mudahan ada tim yang lahir dari Stadion Padang Datar ini," kata Nazir.

Selain itu, Nazir juga mengatakan bahwa kompetisi Liga 3 ini juga menjadi kesempatan untuk memantau kembali para pemain PON Aceh. Ia berharap para pemain PON Aceh bisa tampil maksimal dan memperkuat tim PON Aceh pada Oktober 2024.

"Ini merupakan kesempatan baik bagi para pemain PON Aceh untuk menunjukkan kemampuannya. Oleh karena itu, jangan sampai melakukan hal-hal yang tidak baik," kata Nazir.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Panitia Pelaksana Liga 3 di Aceh Jaya, T. Irfan TB, juga turut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua Asprov PSSI Aceh, Nazir Adam, yang telah menunjuk Kabupaten Aceh Jaya sebagai tuan rumah. Ia juga memohon maaf apabila ada kekurangan dalam pelaksanaan liga ini.

"Kami mohon maaf apabila ada kekurangan dalam pelaksanaan liga ini. Semula, lapangan yang akan digunakan adalah Stadion Lamno, namun karena cuaca tidak mengizinkan, maka terpaksa dipindahkan ke Stadion FIFA Padang Datar," kata Irfan TB.

T. Irfan TB menambahkan, persiapan pelaksanaan liga ini sudah dimulai sejak enam hari sebelum pertandingan dimulai. Ia berharap seluruh panitia dan peserta menjunjung tinggi sportivitas agar pelaksanaan liga ini dapat berjalan dengan baik.

"Kami berharap seluruh panitia dan peserta menjunjung tinggi sportivitas agar pelaksanaan Liga 3 ini dapat berjalan dengan baik," harapnya.

Pembukaan kompetisi Liga 3 Grup B sendiri dimulai dengan pertandingan pembuka antara tuan rumah Persijaya melawan PSKTS Kembang Tanjung, pertandingan yang ditonton oleh ratusan penggemar tersebut dimenangkan oleh tuan rumah dengan skor telak 4-0.