Pj. Bupati Aceh Jaya Buka Acara Bimbingan Manasik Haji

Aceh Jaya | Senin, 8 Mei 2023 | berita 

Calang – Pj. Bupati Aceh Jaya Dr. Nurdin, S.Sos., M.Si, membuka acara Bimbingan Manasik Haji tahun 2023 di Mesjid Agung Baitul Izzah, Calang, pada Senin (08/05/2023).

Bimbingan Manasik Haji tersebut dilaksanakan mulai tanggal 08-17 Mei 2023 di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Jaya.

Acara manasik haji tahunan ini diikuti oleh 45 orang Calon Jamaah Haji Aceh Jaya yang akan melakukan ibadah haji tahun 2023/1444 H. Jamaah Haji Kabupaten Aceh Jaya sendiri tergabung dengan Kabupaten Aceh Utara, Aceh Barat dan Nagan Raya. Calon Jamaah Haji tersebut dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci pada tanggal 25 Mei mendatang pada gelombang 1 kloter 3.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Aceh Jaya Dr. Nurdin menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Kementrian Agama Kabupaten Aceh Jaya dan semua pihak yang terlibat dalam persiapan dan fasilitasi Bimbingan Manasik Haji tahun 2023.

"Seperti yang kita ketahui, kegiatan manasik haji ini merupakan persiapan latihan bagi kita untuk bisa mengenal kondisi pelaksanaan ibadah nantinya sekaligus mempersiapkan pengetahuan kita. Hal–hal yang diperlukan, bacaan–bacaan dan tata cara ibadahnya," kata Pj. Bupati Aceh Jaya.

Menurutnya, menunaikan ibadah haji merupakan sesuatu yang sangat dirindukan oleh setiap umat Islam. Dirinya berpesan kepada seluruh Calon Jamaah Haji agar menggunakan kesempatan emas itu dengan sebaik–baiknya karena belum tentu kesempatan untuk menunaikan ibadah haji tersebut datang kembali.

Pj. Bupati Aceh Jaya Dr. Nurdin juga menambahkan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan seluruh jamaah haji dari Aceh Jaya dapat melaksanakan ibadah haji dengan aman dan lancar.

"Saya mengharapkan agar seluruh Calon Jamaah Haji dari Aceh Jaya nantinya setelah mendapatkan Bimbingan Manasik Haji dapat menjalankan ibadah haji dengan baik, dengan penuh kesabaran dan ketulusan, serta kekhusyukan," ujar Pj. Bupati Aceh Jaya.

Acara pembukaan manasik haji ini diisi dengan do'a bersama, serta pemaparan tentang tata cara melaksanakan ibadah haji yang benar dan sesuai dengan ajaran agama Islam. Acara manasik haji tahun 2023 di Aceh Jaya diharapkan dapat berjalan lancar dan sukses.