Pj. Bupati Aceh Jaya Hadiri Peluncuran Program I'M Jagong di Aceh Barat

Aceh Jaya | Rabu, 24 Mei 2023 | berita 

Aceh Barat - Pj. Bupati Aceh Jaya, Dr. Nurdin, S.Sos., M.Si, menghadiri acara tanam jagung perdana untuk Program I'M Jagong Tahun 2023. Acara ini diselenggarakan di wilayah Korem 012/TU, Gampong Meunasah Gantung, Kecamatan Kaway XVI, Kabupaten Aceh Barat pada Selasa (23/05/2023).

Program I'M Jagong Tahun 2023 ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengatasi stunting, dan mendukung program pangan lambung nasional. Program ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memperkuat ketahanan pangan dan mengurangi angka kemiskinan di Indonesia.

Pelaksanakan tanam perdana Program I'M Jagong ini dibagi di tiga titik wilayah Kabupaten yang berada di Aceh, yaitu untuk wilayah Timur dipusatkan di Gampong Ulegedung, Kec. Sawang, Kab. Aceh Utara wilayah Korem 011/LW yang dibuka langsung oleh Pangdam IM Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya.

Untuk wilayah Barat Korem 012/TU dipusatkan di Gampong Meunasah Gantung, Kec. Kaway XVI Kab. Aceh Barat yang dibuka oleh Kasdam IM Brigjen TNI Hadi Basuki, S.Sos., M.M., M.Tr. (Han) sementara itu untuk wilayah tengah Kodim 0101/KBA di pusatkan di Gampong Bueng Simek, Kec. Kuta Cot Glie, Kabupaten Aceh Besar yang dibuka oleh Irdam IM Brigjen TNI Ayi Supriatna, S.I.P., M.M.

Dr. Nurdin menyampaikan apresiasi dan dukungan penuh dari Pemerintah Daerah Aceh Jaya terhadap Program I'M Jagong Tahun 2023.

Ia mengungkapkan, "Program I'M Jagong ini sangat penting untuk memperkuat ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat."

Selain itu, Dr. Nurdin juga menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, TNI, dan masyarakat dalam mencapai tujuan program ini. Beliau berharap dengan adanya sinergi tersebut, program ini dapat berjalan dengan sukses dan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat. 

Selain itu, program ini juga akan membantu mengatasi masalah stunting, yang merupakan salah satu masalah gizi kronis yang perlu segera diatasi.

Acara tanam jagung perdana ini menjadi momen yang bersejarah dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat .

Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, Kasdam IM, Pj. Bupati Aceh Jaya beserta para undangan lainnya turut serta dalam proses penanaman benih jagung di lahan yang telah disiapkan.

Setelah penanaman tersebut akan dilakukan pendampingan, pelatihan, dan pengawasan agar petani dapat mengoptimalkan hasil panen nantinya. Tahapan terakhir adalah panen dan penanganan pasca panen dengan menyiapkan off taker, guna memastikan hasil produksi jagung dapat terserap dengan baik di pasar.

Dengan dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak, diharapkan, hasil dari program ini dapat memberikan kontribusi signifikan dalam memenuhi kebutuhan pangan lokal, mengurangi impor, dan menciptakan kemandirian pangan bagi masyarakat.