Pj. Bupati Aceh Jaya Pimpin Rapat Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting 2024

Aceh Jaya | Senin, 12 Februari 2024 | berita 

Calang  – Penjabat (Pj.) Bupati Aceh Jaya, Dr. A. Murtala, M.Si., memimpin Rapat Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Aceh Jaya Tahun 2024 di Hotel Pantai Barat pada hari Senin (7/2/2024).

Rapat ini tersebut turut dihadiri oleh Pj Ketua TP PKK Aceh Jaya,  SKPK terkait, Para Camat, para Kepala Puskesmas, dan unsur terkait lainnya.

Dalam arahannya, Pj. Bupati Aceh Jaya menegaskan bahwa stunting merupakan isu prioritas nasional, provinsi, dan kabupaten/kota. Stunting dapat melemahkan posisi negara di masa depan, sehingga perlu ditanggulangi dan diintervensi secara serius di semua tingkatan.

“Rapat koordinasi hari ini menekankan pada tiga hal utama,” ujar Pj. Bupati Murtala.
“Pertama, mengevaluasi kegiatan sebelumnya untuk memastikan langkah yang tepat dalam menangani stunting. Kedua, memverifikasi data stunting Kabupaten Aceh Jaya Tahun 2024 dengan cermat untuk menghindari kekeliruan. Ketiga, fokus intervensi terhadap ibu hamil sebagai upaya pencegahan stunting.” lanjutnya.

Pj. Bupati Aceh Jaya mengapresiasi kinerja Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Aceh Jaya yang telah menunjukkan hasil memuaskan. Ia menekankan pentingnya kolaborasi dan sinergi antar semua pihak untuk mencapai target penurunan stunting di Kabupaten Aceh Jaya.

"Ia juga memberikan pengarahan supaya kepada semua SKPK terkait supaya penanganan stunting ini benar-benar aktif, dan bekerja dengan kolaborasi karena penurunan angka stunting ini tidak akan efektif apabila dilakukan oleh satu SKPK saja." Ungkapnya

Kadis DPMPKB, Sulaiman, S.Sos., dalam laporannya juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kelanjutan program tahun 2023 dan bertujuan untuk mengevaluasi capaian dan menyusun rencana program penurunan stunting tahun 2024.

“Mungkin ada hal-hal yang belum tuntas di tahun 2023, namun dengan kerjasama dan kolaborasi seluruh stakeholder dan dinas terkait, kami yakin dapat menuntaskan target penurunan stunting di Kabupaten Aceh Jaya di tahun 2024,” kata Sulaiman.

Sulaiman juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah bekerja sama dengan baik dalam menangani stunting di Kabupaten Aceh Jaya. Ia berharap kedepannya semua pihak dapat berperan dan bersinergi secara maksimal untuk mencapai target yang telah ditetapkan.

Rapat koordinasi ini diharapkan dapat menghasilkan strategi dan langkah konkret dalam mempercepat penurunan stunting di Kabupaten Aceh Jaya. Dengan komitmen dan kerjasama semua pihak, diharapkan target penurunan stunting di tahun 2024 dapat tercapai.