Pj Bupati Aceh Jaya Terima Audensi Organisasi HUDA, ini Harapannya

Aceh Jaya | Selasa, 16 Januari 2024 | berita 

Calang - Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) Aceh Jaya dan Majelis Ulama Nanggroe Aceh (MUNA) Aceh Jaya menyatakan dukungan penuh terhadap program Pj. Bupati Aceh Jaya, Dr. A. Murtala, M.Si., dalam pertemuan yang berlangsung di Pendopo Bupati pada Senin  15/01/2024.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Ketua HUDA Aceh Jaya Abati Jalaluddin beserta pengurus dan Ketua MUNA Aceh Jaya Tgk. Muhibbudin Albayani. Dalam kesempatan tersebut, HUDA menyampaikan beberapa poin penting terkait program yang diharapkan dapat diprioritaskan oleh Pj. Bupati Aceh Jaya, pertama terkait  pembinaan akhlak masyarakat, HUDA meminta perhatian serius dari Pemerintah Daerah dalam rangka pembinaan akhlak masyarakat Aceh Jaya,

Selanjutnya terkait dengan kebutuhan Sekretariat Organisasi  yang representatif di ibukota Kabupaten, serta optimalisasi fungsi Dayah Dalam Dukungan Pemerintah dan yang terakhir  Organisasi HUDA berharap Pemerintah Daerah dapat memberikan dukungan anggaran untuk menunjang kegiatan organisasi dan program pembinaan dayah.

Menanggapi hal tersebut, Pj. Bupati Aceh Jaya menyampaikan apresiasi atas dukungan HUDA terhadap program-programnya. Ia berharap HUDA dapat terus berperan aktif dalam pembangunan di Aceh Jaya, khususnya dalam bidang pembinaan akhlak masyarakat. Beliau menyampaikan beberapa arahan penting, antara lain pelibatan HUDA dan Pihak Lain dalam Musrembang dalam hal ini  Pj. Bupati Aceh Jaya menginstruksikan agar HUDA dan pihak-pihak terkait lainnya dilibatkan secara aktif dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk memastikan program-program yang diusulkan sejalan dengan kebutuhan masyarakat,

Kemudian Pj Bupati Aceh Jaya akan memfasilitasi peningkatan kapasitas SDM dayah berbasis teknologi Informasi, melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominsa)Pj. Bupati Aceh Jaya misalnya  memfasilitasi pelatihan operator dayah, selanjutnya menginstruksikan Dinas Kesehatan Aceh Jaya dalam hal ini agar puskesmas diwajibkan untuk mengunjungi dayah minimal seminggu sekali untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan memberikan penyuluhan kesehatan kepada santri.

Pertemuan antara HUDA dan Pj. Bupati Aceh Jaya tersebut diharapkan dapat membangun sinergi dan kerjasama yang baik dalam rangka mewujudkan pembangunan daerah yang maju dan berakhlak mulia.