Pj Bupati Aceh Jaya Terima Penghargaan Dari PWI Aceh Jaya

Aceh Jaya | Sabtu, 10 Februari 2024 | berita 

Calang - Malam Anugerah dalam rangka menyambut Hari Pers Nasional dan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Ke-78 tahun 2024 sukses digelar, di Aula DMPKB setempat, Jum’at 9/2/2024.

Turut hadir dalam Acara tersebut Pj Bupati Aceh Jaya, A. Murtala, Kapolres Andy S, Dandim 0104 Aceh Jaya, Letkol INF Alimuddin, Sekda Teuku Reza Fahlevi, Ketua DPRK Aceh Jaya, Muslem D, Kajari Ketua PWI Aceh Nasir Nurdin dan rombongan, serta para penerima penghargaan dan tamu undangan lainnya.

Acara malam anugerah itu dibuka dengan persembahan Tarian Ranub Lampuan dari Sanggar Seni Sameuna. Disela-sela acara, para tamu undangan dihiburkan oleh Bandet Band dan Sams Music Project dari Banda Aceh serta Tarian Ratoh Jaroe.

Almuzzammil selaku Ketua Panitia menyampaikan  kegiatan Anugerah PWI Aceh Jaya tahun 2024 sudah diwacanakan setahun lalu yang dikemas dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional dan HUT PWI ke -78 tahun.

Zammil juga menegaskan jika dana kegiatan ini murni dari kas PWI Aceh Jaya. “Kami yakin, dengan agenda kegiatan telah disiapkan jauh hari, pada malam ini dapat berjalan sukses seperti kita harapkan dan para penerima penghargaan sudah berdasarkan seleksi independen dilakukan tim, sehingga para penerima penghargaan tersebut dinilai sangat layak menerima. ,” katanya

Ketua PWI Aceh Jaya, Hendra menyampaikan bahwa organisasi PWI Aceh Jaya saat ini sudah berusia sembilan tahun dengan jumlah anggota keseluruhan sebanyak 15 orang, termasuk antaranya anggota magang.

Kata Hendra, berdirinya PWI Aceh Jaya ini tentunya tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Daerah dan seluruh Forkopimda di sini. Karena itu, kami PWI Aceh Jaya terus berupaya semaksimal mungkin, terutama sekali dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Baik itu dengan cara mengikutsertakan keanggotaan dalam berbagai pelatihan, termasuk Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Untuk status wartawan kompeten di PWI Aceh Jaya sebanyak lima orang jenjang muda dan empat orang jenjang madya.

Selain itu, tambah Hendra, wartawan merupakan bagian dalam mengawal setiap program pemerintah. Dia pun berharap segala bentuk program-program inovasi besar, menjadi harapan untuk dapat terus dilanjutkan.

“Apalagi dalam agenda perdana dilaksanakan malam ini.” Malam anugerah ini direncanakan akan digelar rutin setiap tiga tahun sekali, dan ini sebagai apresiasi dan bentuk sinergis dalam mendukung program Pemerintah Aceh Jaya, tutup Hendra.

Sementara, Kapolres Aceh Jaya, AKBP Andy Sumarta mengapresiasi para jurnalis terutama yang tergabung dalam PWI Aceh Jaya karena sudah sangat membantu menjaga kamtibmas selama ini.

“Pers bebas menulis dan meliput apapun, namun kami sangat berharap apapun yang ditulis oleh kawan-kawan wartawan tidak mengganggu kamtibmas,” harapnya.

“Kami berterimakasih kepada rekan-rekan wartawan yang selama ini juga sudah ikut membantu meluruskan informasi yang beredar ditengah masyarakat,” ucap Andy.

Penjabat Bupati Aceh Jaya, A.Murtala jika Pers dan Pemerintah punya tanggungjawab dalam membangun negeri serta sudah menjadi mitra baik dalam membangun Aceh Jaya.

“Kami akui punya keterbatasan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Dan hanya pers yang bisa masuk kelapisan masyarakat paling bawah,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, mohon disampaikan kepada kami supaya kita bisa tau apa permaslahan yang terjadi yang belum kami ketahui,” tambahnya.

“Terakhir kami ucapkan selamat hari pers dan selamat ulang tahun PWI. Semoga semakin jaya,” pungkasnya.

Berikut para penerima penghargaan diberikan PWI Aceh Jaya:

1. Penyerahan Piagam Penghargaan katagori Sahabat PWI Aceh Jaya yakni; Pj Bupati Aceh Jaya, A. Murtala, Sekda Aceh Jaya, Teuku Reza Fahlevi, Kapolres Aceh Jaya, AKBP Andy Sumarta, Dandim Aceh Jaya, Letkol INF Alimuddin, Kajari Aceh Jaya, Adam Ohoiled dan DPRK Aceh Jaya yang diterima oleh Plt Sekwan, Irma Hanum.

2. Penyerahan Piagam Penghargaan kategori Tokoh Pers Nasional yang diberikan kepada Adnan NS.

3. Penyerahan Piagam Penghargaan kategori Mitra PWI Aceh Jaya yakni; Bagian Prokopim Setdakab Aceh Jaya, Panwaslih Aceh Jaya dan APDESI Aceh Jaya.

4. Penyerahan Piagam Penghargaan katagori Badan Pembinaan Penganggaran melalui Layanan ONEKLIKSAJA, yang diberikan kepada BPKK Aceh Jaya.

5. Penyerahan Piagam Penghargaan kategori Dinas Penerapan Keagamaan di sekolah umum melalui program SUBA, yang diberikan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh.

6. Penyerahan Piagam Penghargaan kategori Dinas Penerapan Pusat Talenta Digital, yang diberikan kepada Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh Jaya.

7. Penyerahan Piagam Penghargaan kategori Dinas Penerapan Peningkatan Pelayanan Kesehatan Warga hingga ke Desa, yang diberikan kepada Dinas Kesehatan Aceh Jaya.

8. Penyerahan Piagam Penghargaan kategori Dinas Penerapan Digitalisasi Pertanian untuk Kedaulatan Pangan, yang diberikan kepada Dinas Pertanian Aceh Jaya.

9. Penyerahan Piagam Penghargaan kategori Perbankan Syariah Peduli UMKM, yang diberikan kepada Bank Aceh Syariah Cabang Calang.

10. Penyerahan Piagam Penghargaan Kategori Mitra Kementerian Sosial Penyaluran Bansos bagi Warga Aceh Jaya, BSI KCP Calang Teuku Umar.

11. Penyerahan Piagam Penghargaan kategori Pelayanan Pengaduan Berbasis Online Bagi Pasien, RSUD Teuku Umar Aceh Jaya.

12. Penyerahan Piagam Penghargaan Kategori Pelayanan Cepat Kebutuhan Air Bersih Bagi Konsumen, Perumda Air Minum Tirta Mon Mata.

13. Penyerahan Piagam Penghargaan Kategori Pelopor Konservasi Penyu, yang diberikan kepada Konservasi Aroen Meubanja.

14. Penyerahan Piagam Penghargaan Kategori Pelopor Olahrga Aceh Jaya, yang diberikan kepada Koni Aceh Jaya.

15. Penyerahan Piagam Penghargaan Kategori Pelopor Pemuda Aceh Jaya, yang diberikan kepada DPD KNPI Aceh Jaya.

16. Penyerahan Piagam Penghargaan Kategori Pelopor Gerakan Sosial, yang diberikan kepada  Komunitas Aceh Jaya Meuripee.

17. Penyerahan Piagam Penghargaan Kategori Polisi Kreatif, yang diberikan kepada Bripka Afrizalsyah personil Polres Aceh Jaya.

18. Penyerahan Piagam Penghargaan Kategori Babinsa Teladan Warga, yang diberikan kepada Serka Parwoto personil Kodim/0104 Aceh Jaya.

19. Penyerahan Piagam Penghargaan Kategori Tenaga Bakti Bidan Desa Teladan, yang diberikan kepada Laina Safriyanti, Amd, Keb