Pj Bupati Aceh Jaya Tinjau Lokasi Penggemukan Sapi di Kecamatan Krueng Sabee

Aceh Jaya | Senin, 6 Maret 2023 | berita 

Calang – Penjabat Bupati Aceh Jaya Dr. Nurdin, S.Sos., M.Si Meninjau Lokasi Penggemukan Sapi Upaya Pengendalian Inflasi dan Peningkatan Perekonomian Masyarakat Kabupaten Aceh Jaya di Kecamatan Krueng Sabee, Senin (06/03/2023).

Pada kegiatan tersebut, Pj Bupati Aceh Jaya didampingi oleh Kepala Bank Aceh Syariah Cabang Calang, TM Andika Putra dan Unsur Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Jaya.

Dr. Nurdin menjelaskan bahwa Bapak Joko Widodo sudah menjanjikan dana untuk Provinsi Aceh Sebesar 3 triliun rupiah. Namun uang ini tidak bisa diambil begitu saja, kita harus mempersiapkan instrumen-instrumennya. Bagi yang beternak, hari ini saya senang sekali melihat saudara-saudara kita sudah bergerak mengimplementasikan apa yang saya sebut intensitifikasi peternakan sapi sehingga nantinya Kabupaten Aceh Jaya bisa menjadi daerah produsen sapi.

“Saya dan Kepala Bank Aceh Syariah Cabang Calang, beserta masyarakat dan juga Pemerintah Daerah berencana menyiapkan kandang beserta padang penggembalaan Sapi. Kita sudah melihat masyarakat di sini sudah membangun kandang untuk penggemukan sapi sekaligus juga menyiapkan padang penggembalaannya. Sementara itu, ternak sapi akan kita fasilitasi dari uang yang dikucurkan oleh Bapak Joko Widodo melalui Kredit Usaha Rakyat. Kami berharap masyarakat bisa memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat untuk melakukan usaha penggemukan sapi. Kami mempunyai target, satu orang dapat memelihara 20 ekor penggemukan sapi sehingga nantinya bisa menjadi peluang usaha bagi masyarakat Aceh Jaya.” Ungkap Dr. Nurdin

Sambungnya,Kita akan melakukan Penertiban ternak berbasis pemberdayaan. Selama ini masyarakat mengeluhkan atas sapi yang berkeliaran di jalan sehingga menjadi penyebab kecelakaan . Oleh karenanya, kita berusaha untuk mengubah cara masyarakat beternak yang awalnya melepas ternak di tempat umum kemudian kita lokalisir melalui usaha instensif penggemukan sapi. Selanjutnya kita juga siapkan pakan beserta kandangnya. Sehingga keselamatan masyarakat di jalan terjaga, para peternak juga semakin sejahtera.

“Saya tadi mendapatkan laporan dari teman-teman Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Jaya bahwa dalam waktu dekat akan dilakukan survey dan penanaman rumput untuk padang penggembalaan komunal, dimana sapi masyarakat akan kita lepaskan di padang penggembalaan dan dikelola oleh pihak Gampong. Alhamdulillah, hal ini akan segera terwujud.” Jelas Dr. Nurdin

Di akhir peninjauan tersebut, Dr. Nurdin menyampaikan terimakasih kepada Bank Aceh Syariah dan Pemerintah Pusat terutama Bapak Presiden Joko Widodo atas KUR yang telah diberikan untuk Provinsi Aceh. Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubernur Aceh yang sudah memberikan program penggembalaan di Provinsi Aceh.