Sambut Isra' Mi'raj, Pemkab Aceh Jaya Gelar Kenduri Apam

Aceh Jaya | Rabu, 7 Februari 2024 | berita 

Calang - Dalam rangka menyambut Isra’ Mi'raj Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada tanggal 27 Rajab, Pj. Bupati Aceh Jaya, Dr. A. Murtala, M.Si, bersama ibu Pj. Ketua TP-PKK Aceh Jaya, Mahdalena, SE., MSM., menghadiri kenduri apam yang digelar di Kantor MAA Aceh Jaya, Selasa (06/02/2024).

Acara kenduri apam ini merupakan tradisi masyarakat Aceh Jaya yang sudah berlangsung turun-temurun untuk menyambut Isra' Mi'raj. Masyarakat memasak apam, sejenis kue yang terbuat dari tepung beras dan santan, dan kemudian dibagikan kepada sanak saudara, tetangga, dan masyarakat sekitar.

Pj. Bupati Aceh Jaya menyampaikan apresiasi kepada Majelis Adat Aceh (MAA) Aceh Jaya yang telah melestarikan tradisi kenduri apam. Ia mengatakan bahwa tradisi ini memiliki nilai-nilai sosial dan keagamaan yang penting, seperti mempererat silaturrahmi dan berbagi kebahagiaan.

"Kenduri apam ini merupakan salah satu tradisi yang harus kita lestarikan. Melalui kegiatan ini, kita bisa mempererat silaturrahmi dan berbagi kebahagiaan dengan sesama. Selain itu, kenduri apam juga mengingatkan kita akan pentingnya berbagi rezeki dan membantu sesama," ujar Pj. Bupati.

Sementara itu, Pj. Ketua TP-PKK Aceh Jaya, dalam kesempatan yang sama, turut mengimbau kepada kaum perempuan untuk berperan aktif dalam melestarikan tradisi kenduri apam. Ia mengatakan bahwa perempuan memiliki peran penting dalam menjaga nilai-nilai budaya dan kearifan lokal.

"Perempuan memiliki peran penting dalam melestarikan tradisi kenduri apam. Ibu-ibu bisa mengajarkan kepada anak-anak mereka tentang tradisi ini agar tetap lestari dari generasi ke generasi," tutur Mahdalena.

Pj. Ketua TP-PKK Aceh Jaya melihat langsung proses memasak apam dan turut serta memasak apam pada kegiatan tersebut. Kenduri apam ini dihadiri sejumlah pejabat dan ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten  Aceh Jaya, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.