Sekda Aceh Jaya Pimpin Apel Penertiban Ternak Liar, Intruksikan Tindak Tegas Hingga Karantina Hewan Ternak

Aceh Jaya | Selasa, 7 Maret 2023 | berita 

Calang – Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Jaya, T. Reza Fahlevi, MM, memimpin apel operasi penertiban hewan ternak yang diikuti oleh Anggota Satpol PP Aceh Jaya, Perwakilan TNI dan Polri serta perwakilan PM di Halaman Kantor Bupati pada Selasa (07/03/2023).

T. Reza Fahlevi, MM, menginstruksikan kepada peserta apel untuk menertibkan hewan ternak yang mengganggu lalu lintas di Aceh Jaya. Hal tersebut dilakukan dalam rangka menegakkan Qanun Kabupaten Aceh Jaya Nomor 11 Tahun 2021 Tentang Penertiban Ternak.

“Penertiban ini dilakukan atas laporan masyarakat yang merasa resah dan terganggu dengan keberadaan ternak liar serta membahayakan bagi pengguna jalan raya, kita juga meminta Satpol PP untuk mengambil langkah tegas dalam melaksanakan operasi ini.” Ujar Sekda Aceh Jaya.

Dirinya melanjutkan, pada saat menjalankan operasi penertiban hewan ternak jika diharuskan untuk dikarantina, Pemerintah sudah memiliki tempat di Panga dan di Lokasi Kantor Satpol PP Aceh Jaya.

“Untuk daerah–daerah yang ternaknya sering berkeliaran, akan kita bangun pos di lokasi tersebut guna dilakukan penertiban, kalau perlu penertiban hewan ternak juga dilaksanakan pada malam hari mengingat Kabupaten Aceh Jaya selalu ramai dilalui oleh pengemudi roda 2 maupun roda 4.” Lanjut T. Reza Fahlevi.

“Harapannya dengan adanya penertiban seperti ini Aceh Jaya bebas dari hewan ternak yang berkeliaran di jalanan, jadi image Aceh Jaya yang sering orang bilang terlalu banyak sapi di jalanan bisa hilang. Tidak hanya untuk pejabat, kita juga tidak mau memberikan kesan tidak baik kepada pengunjung maupun wisatawan yang datang ke Aceh Jaya.” Tutup Sekretaris Daerah Aceh Jaya tersebut.