Tingkatkan Kesejahteraan Petani Ikan dan Nelayan, Pemkab Aceh Jaya Gelar Kegiatan Diseminasi Pembuatan Pengering Ikan Kopernik

Aceh Jaya | Selasa, 14 Maret 2023 | berita 

Calang - Penjabat Bupati Aceh Jaya, Dr. Nurdin, S.Sos., M.Si, yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Jonni Saputra, S.Si, membuka Kegiatan Diseminasi Pembuatan Pengering Ikan Kopernik di Aula Setdakab Aceh Jaya pada Selasa (14/03/2023). 

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Jaya Teuku Ridwan, S.Pi., M.Si, Direktur Yayasan Kopernik Nanda Riska serta para petani ikan dan nelayan di Kabupaten Aceh Jaya.

Dalam sambutan Pj. Bupati Aceh Jaya yang diwakilkan oleh Asisten II Setdakab tersebut, Jonni Saputra menyatakan bahwa kegiatan diseminasi ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas ikan di Aceh Jaya. Pengering ikan kopernik merupakan teknologi yang efektif untuk mengeringkan ikan dengan cepat, sehingga dapat memperpanjang umur simpan ikan dan mempertahankan nilai gizi ikan.

Selain itu, pengering ikan kopernik juga diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan petani ikan dan nelayan di Aceh Jaya. Dengan pengering ikan kopernik, para petani ikan dan nelayan dapat menghasilkan produk ikan yang lebih berkualitas dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

“Masyarakat Aceh Jaya yang mayoritas mata pencahariannya sebagai nelayan, biasanya menjemur ikan-ikan asin, ikan teri dan udang kecil yang sudah diolah hanya mengandalkan bantuan sinar matahari langsung saja, dengan lama waktu penjemuran bergantung pada keadaan cuaca. Apabila cuaca mendukung untuk pengeringan, maka hanya membutuhkan waktu 2-3 hari saja.” ungkap Jonni Saputra.

Dirinya melanjutkan, apabila saat cuaca yang tidak mendukung atau musim hujan membutuhkan waktu 7-10 hari. Tentunya hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kualitas dari ikan asin tersebut, mulai dari rasa, tekstur dan lainnya. Semakin cepat ikan tersebut kering maka hasilnya akan semakin baik, sebaliknya jika ikan tersebut kering semakin lama maka hasilnya akan semakin kurang baik.

“Melalui kegiatan ini kita berharap nantinya para nelayan dan kelompok usaha ibu–ibu yang menjadi sasaran dari kegiatan ini dapat memperoleh ilmu dan pengetahuan baru terkait teknologi teknik pengeringan ikan tenaga surya serta ramah lingkungan, sehingga dengan menggunakan teknologi ini nantinya para nelayan dan kelompok usaha ikan asin yang ada di Kabupaten Aceh Jaya tidak perlu risau lagi dalam mengolah hasil tangkapan ikannya walaupun pada kondisi musim hujan atau cuaca yang kurang baik.” kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Aceh Jaya tersebut.

Jonni Saputra, S.Si, juga menambahkan bahwa Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya akan terus mendukung pengembangan sektor perikanan di wilayahnya. Salah satunya dengan memfasilitasi pelatihan dan bimbingan untuk pengering ikan kepada para petani ikan dan nelayan.

Kegiatan Diseminasi Pembuatan Pengering Ikan Kopernik ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi pengembangan sektor perikanan di Aceh Jaya. Dengan pemanfaatan teknologi yang tepat, diharapkan sektor perikanan di wilayah ini dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, serta memberikan kontribusi positif bagi kesejahteraan masyarakat.