Wujud Kepedulian Terhadap Nelayan, Pemkab Aceh Jaya Bagikan BPJS Ketenagakerjaan

Aceh Jaya | Selasa, 7 Maret 2023 | berita 

Aceh Jaya - Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan nelayan di Kabupaten Aceh Jaya, Pj. Bupati Aceh Jaya Dr. Nurdin, S.Sos., M.Si, didampingi Kepala Distransnaker Sulaiman, S.Sos, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Teuku Ridwan, S.Pi., M.Si, Kepala Dinas Parekrafpora Juanda, S.Pd.I., M.Pd, Camat Setia Bakti T. Arif Alfian serta perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Meulaboh membagikan BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis kepada para nelayan di Lhok Rigaih, Setia Bakti, Selasa (07/03/2023).

Penyaluran BPJS Ketenagakerjaan tersebut merupakan wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya terhadap para nelayan yang menjadi tulang punggung ekonomi masyarakat pesisir. Dengan memiliki BPJS Ketenagakerjaan, diharapkan nelayan dapat lebih terlindungi dan terjamin hak-haknya sebagai tenaga kerja.

“Ini iurannya dibayarkan secara mandiri melalui kelembagaan Panglima Laot, Panglima Laot kita dorong juga untuk terus berfikir dan terus bekerja menyejahterakan anggotanya. Salah satu cara kita menyejahterakan Panglima Laot dan masyarakat di sini adalah dengan mengikutsertakan dalam asuransi BPJS Ketenagakerjaan.” Ucap Pj. Bupati Aceh Jaya.

Dirinya mengatakan bahwa kecelakaan dalam bekerja bukanlah hal yang diharapkan, akan tetapi sudah seharusnya pemerintah dan masyarakat sendiri mempersiapkan kemungkinan terburuk yang bisa terjadi ketika sedang bekerja, mengingat nelayan memiliki resiko kecelakaan kerja yang lebih tinggi.

Pj. Bupati Aceh Jaya mengungkapkan bahwa program ini dilakukan sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam mendorong kesejahteraan masyarakat. Beliau juga berharap agar para nelayan dapat memanfaatkan BPJS Ketenagakerjaan tersebut dengan sebaik-baiknya dan dapat memperoleh manfaat yang maksimal dari program ini.

Para nelayan yang menerima BPJS Ketenagakerjaan tersebut merasa senang dan berterima kasih atas perhatian pemerintah terhadap nasib mereka. Mereka berharap agar program-program serupa dapat terus dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kehidupan para nelayan di Kabupaten Aceh Jaya.

Dr. Nurdin berharap setelah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, nelayan dapat lebih tenang dalam mencari rezeki. “Harapan kita nelayan bisa lebih tenang bekerja, karena disamping meminta perlindungan dari Allah Subhanahu Wata'ala secara finansial kita juga berharap BPJS Ketenagakerjaan ini bisa membantu jika terjadi kecelakaan dalam bekerja.” Tutup Dr. Nurdin.